Rabu, 29 Mei 2019

Tips Kendaraan Roda Dua Menerjang Banjir

Banjir selalu menjadi masalah bagi warga kota, entah bencana alam itu memang susah teratasi apalagi dengan sanitasi buruk, dan juga prilaku masyarakatnya yang belum mengerti pentingnya kebersihan.

Jadi banjir pastinya menjadi langganan tahunan untuk negeri ini, tapi saya tak mau bahas tentang banjir, karena sudah banyak artikel tentang banjir namun hingga kini banjir tetap datang lagi.



Nah lebih baik kita bicarakan khususnya kendaraan roda dua yang ingin menerjang banjir dengan aman, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ya gan.
Sebelum kamu ingin menerjang banjir, ini yang harus kamu lakukan sebelumnya,

Menutupi Busi

Busi adalah hal yang vital, seumpama ketinggian air hampir menutupi roda, kalau mau tetap melewati, jangan mengandalkan mesin hidup. Lebih baik didorong (mesin matikan), namun sebelum menerabas banjir lakukan langkah-langkah ini. Copot kabel busi ujungnya ditutup dengan plastik (diikat karet).

Begitu juga dengan blok dan kepala silinder. Kalau masih panas, tunggu sampai dingin, baru dibungkus dengan plastik (bila perlu berlapis ganda) dan diikat pakai karet.

Menutupi Knalpot

Nah ini yang bisa bikin mesin mati ditengah jalan, lindungi knalpot agar tidak masuk air bisa dengan plastik dan di iket karet dengan kencang.

Kalau knalpot bisa ditinggikan itu lebih baik, seperti memodifikasi knalpot jadi lebih tinggi, atau menggunakan selang yang pas dengan lubang knalpot, kemudian selang di ikat disamping kendaraan.

Intinya usahakan air tidak masuk air melalui knalpot, mungkin ada beberapa trik lain yang kalian sering gunakan.


Menutupi Tutup Oli

Nah tempat memasukkan oli pada kendaraan anda juga harus dicek, kalau longgar dan ada kemungkinan air masuk lewat sana, mau tidak mau harus ditutup juga dengan plastik.

Ditakutkan nantinya oli akan bercampur dengan air, bisa fatal juga nanti akibatnya ya kawan.

Setelah semuanya ditutupi, ucapkanlah do'a kemudian dorong pelan-pelan kendaraan anda, terjanglah banjir dengan hati yang riang. Bisa tersenyum, atau goyang dumang ketika anda menerjang banjir siapa tahu ada yang memotret kelakuan anda dan menjadi viral, lumayan masuk IG bisa di endorse oleh perusahaan otomotif.

Nah itulah tips untuk kalian yang ingin menerjang banjir, tetapi hati-hatilah di jalan, karena jalan yang banjir sering berlobang ditakutkan lagi asyik nerjang banjir, malah terperosok di lubang hingga kalian pun jatuh dengan sempurna.

0 komentar

Posting Komentar