Rabu, 29 Mei 2019

Tujuan Rantai diberi pelumas



Kalian suka naik motor? Atau juga naik sepeda? Dari salah satu kendaraan tersebut, pasti memiliki sebuah rantai sebagai penggerak roda (kecuali motor matic, tanpa rantai). Yang namanya rantai pada motor/sepeda sudah pasti harus mendapatkan perawatan yang rutin. Kalau tidak dirawat dengan baik, tentunya rantai tersebut akan mudah rusak.

 Agar tidak kering dan menimbulkan suara berisik, rantai dan gear perlu dilumasi setiap 1.000 km atau waktu pemakaian seminggu sekali.

Pelumas yang direkomendasi untuk gear dan rantai biasanya adalah chain lube. Tapi kadang ada juga yang melumasi rantai dengan oli mesin.

Kalau tidak ada chain lube, sebenarnya boleh saja melumasi pakai oli. Tapi saya sarankan, melumasinya pakai oli baru, jangan oli bekas ya. Oli bekas sendiri tidak direkomendasi karena sudah tercampur dengan berbagai kotoran dan gram yang mengandung logam.
Yang ditakutkan, kotoran dari logam tadi masuk ke sela-sela rantai, yang bisa membuat rantai jadi cepat aus. Nah, jadi lebih baik pakai oli baru atau chain lube ya buat melumasi gear dan rantai.

Bagi setiap orang yang memiliki kendaraan, seperti motor atau sepeda, mungkin sudah mengerti bahwasanya rantai roda perlu diberi pelumas. Adapun tujuannya diberi pelumas adalah :

1. Untuk memperkecil gaya gesek
2. Untuk memperpanjang usia rantai itu sendiri
3. Untuk mencegah terjadinya korosi, yakni suatu kerusakan antara suatu logam dengan berbagai zat di sekitarnya yang menghasilkan bermacam senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam Bahasa sehari-hari, korosi disebut juga karatan.

Dengan rutin memberikan pelumas pada rantai roda, diharapkan usia rantai akan menjadi lebih awet.

Bagaimana, sudah paham kan Mengapa Rantai Roda Perlu Diberi Minyak Pelumas. Nah mulai sekarang, rajin-rajinlah untuk selalu merawat rantai roda kendaraan kalian agar lebih awet lagi.

Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar