Kamis, 17 Oktober 2019

8 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat


8 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi sebagai perlindungan terhadap kesehatan mulai berkembang di Indonesia. Hal ini terjadi karena masyarakat telah menyadari bahwa aset dan jiwa merupakan hal yang sangat penting. Kesadaran masyarakat ini tentu disambut baik oleh perusahaan penyedia layanan asuransi, yang mana mereka mencoba berinovasi dan melahirkan produk baru seperti asuransi kesehatan keluarga.

Strategi Memilih Asuransi Kesehatan

Saat ini, ada banyak jenis asuransi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Di antara banyaknya jenis asuransi tersebut, pengguna terbanyak ialah asuransi kesehatan. Ketika Anda memutuskan menggunakan asuransi kesehatan, tentunya Anda telah memahami kebijakan dan aturan yang ditetapkan pihak polis asuransi. Dalam hal ini, sepertinya Anda membutuhkan strategi memilih asuransi kesehatan yang tepat yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Pahami kebutuhan

Hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan ialah memahami dengan jelas kebutuhan asuransi yang akan digunakan. Karena hal ini dapat membantu Anda dalam menemukan dan memilih asuransi yang tepat.

2. Pilih jenis perlindungan

Pada beberapa perusahaan asuransi, Anda dapat memilih layanan perlindungan tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Akan tetapi, Anda akan terkena sejumlah biaya premi tambahan. Namun, dengan adanya sistem ini kebutuhan asuransi keluarga Anda lebih lengkap.

3. Lakukan perbandingan

Dengan banyaknya jumlah perusahaan asuransi di Indonesia, tentu membuat Anda perlu melakukan pertimbangan. Caranya dengan membandingkan antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

4. Sesuaikan dengan Anggaran

Hal ini lebih penting dari poin-poin sebelumnya, bahwa Anda perlu melakukan penyesuaian anggaran dengan kondisi keuangan keluarga Anda. Jangan sampai premi asuransi kesehatan keluarga memberatkan keuangan Anda.

5. Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

Memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi berpotensi menghindarkan Anda dari kerugian. Karena kerugian ini bisa datang kapan saja akibat dari adanya tindakan tidak profesional dari perusahaan tersebut.

6. Gunakan jasa pihak ketiga

Saat membicarakan polis asuransi, bukan tidak mungkin Anda mengalami kesulitan dalam memahaminya secara detail. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan pada pihak ketiga, seperti broker asuransi. Broker asuransi akan membantu Anda dalam menganalisa kebutuhan dan memilih asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga.

7. Pertimbangkan asuransi kesehatan keluarga

Memiliki polis asuransi kesehatan keluarga lebih hemat dibandingkan dengan sistem polis asuransi yang menerapkan satu polis untuk satu orang. Dalam asuransi kesehatan keluarga, polis asuransi bisa atas nama kepala keluarga saja, namun pihak tertanggungnya seluruh keluarga. Anda dapat mempertimbangkan sistem asuransi kesehatan keluarga ini demi terlindunginya pembiayaan kesehatan keluarga Anda.

8. Pahami sistem yang diterapkan

Perusahaan asuransi pada dasarnya menerapkan sistem cashless dan reimbursement. Di dalam sistem cashless, Anda hanya perlu membawa dan menunjukkan kartu keanggotaan apabila berada di rumah sakit. Sistem ini terkenal dengan kemudahan dan kecepatannya. Untuk sistem reimbursement, perlu adanya sistem deposit terlebih dahulu saat pendaftaran rawat inap di rumah sakit. Struk biaya yang dikeluarkan nanti diberikan kepada pihak perusahaan untuk diganti uangnya.

Demikianlah beberapa strategi dalam memilih asuransi kesehatan keluarga yang perlu Anda dan keluarga ketahui. Melindungi pembiayaan kesehatan keluarga sangatlah penting karena kapan Anda sakit tidak ada yang tahu. Kabar baiknya, masyarakat Indonesia sudah banyak yang sadar akan pentingnya memiliki asuransi, khususnya asuransi kesehatan keluarga.

0 komentar

Posting Komentar