Rabu, 15 April 2020

3 Ciri Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dan Menstruasi

3 Ciri Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dan Menstruasi

Salah satu ciri tanda kehamilan adalah keputihan. Akan tetapi tidak semua keputihan tanda hamil. Ada juga keputihan yang merupakan tanda awal akan menstruasi. Keduanya antara kehamilan dan keputihan memiliki perbedaan. Akan tetapi perbedaan keduanya memang tidak terlalu terlihat. Tidak hanya sebagai tanda kehamilan atau tanda akan menstruasi saja tetapi bisa saja ada gejala lain yang mungkin Anda harus konsultasikan dengan dokter sehingga segera mendapatkan penanganan yang tepat bila ternyata merupakan suatu gejala penyakit yang membahayakan.

Tanda kehamilan dan tanda akan menstruasi memang sangat mirip jadi Anda tidak bisa hanya menduga dan menebak-nebaknya saja. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter supaya Anda bisa tahu apakah keputihan yang Anda alami tersebut merupakan tanda kehamilan atau hanya akan menstruasi saja. Apabila proses menstruasi telah selesai dan malah muncul beberapa tanda seperti keputihan dan disertai dengan lemas serta mual bisa saja hal tersebut adalah tanda awal kehamilan.

Pada umumnya menurut beberapa penelitian pihak medis, keputihan yang terjadi sebagai tanda awal kehamilan adalah karena adanya peningkatan hormon yang terjadi dalam tubuh. Hormon tersebut adalah hormon esterogen disertai dengan aliran darah yang akan menuju ke vagina. Dan untuk mengetahui beberapa perbedaan antara keputihan dan akan menstruasi, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

1. Volume Keputihan

Salah satu yang menjadi faktor perbedaan antara keputihan tanda akan menstruasi dan keputihan sebagai tanda kehamilan adalah volumenya. Keputihan sebagai awal tanda kehamilan biasanya memiliki volume yang lebih banyak bila dibandingkan dengan keputihan tanda akan menstruasi. Jumlah dan volume keputihan yang banyak tersebut digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah bakteri ataupun virus yang nantinya akan masuk ke dalam rahim dan membuat janin tidak sehat. Karena virus dan bakteri tersebut biasanya menyebabkan infeksi.

2. Waktu Kemunculan

Untuk keputihan sebagai tanda kehamilan biasanya akan muncul setelah seminggu atau bahkan bisa lebih saat proses pembuahan sel telur oleh sperma berhasil. Dan untuk jumlahnya keputihan tersebut akan semakin meningkat setiap harinya selama masa kehamilan. Sedangkan untuk keputihan tanda akan menstruasi biasanya ditandai hanya berlangsung beberapa hari saja dan jumlahnya akan semakin sedikit saat menstruasi datang.

3. Warna

Warna dari keputihan inilah yang menjadi ciri khas yang paling beda dan terlihat apakah keputihan yang dialami merupakan awal kehamilan atau tanda akan menstruasi. Biasanya keputihan sebagai tanda awal adanya kehamilan memiliki warna yang relatif lebih putih dan menyerupai seperti warna susu. Sedangkan untuk keputihan sebagai awal akan menstruasi biasanya memiliki warna yang cenderung lebih bening dan kekuningan. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa keputihan yang terjadi pada Anda apabila berwarna agak sedikit kehijauan dan berbau segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Keputihan tanda hamil biasanya akan ditandai dengan munculnya bercak darah atau sering disebut dengan istilah implantansi. Adanya proses implantansi tersebut sebagai tanda bahwa proses pembuahan sudah berhasil dan calon janin sudah menempel pada rahim. Bila keputihan sebagai tanda awal akan menstruasi Anda tidak akan pernah mengalami apa yang namanya implantansi. 

Karena proses menstruasi yang diawali dengan tanda keputihan tersebut semakin hari volume akan berubah warna menjadi semakin gelap dan volume darah juga semakin bertambah. Selain tanda keputihan di atas, Anda juga bisa memperhatikan beberapa ciri kehamilan yang lain seperti telat menstruasi atau payudara menjadi lebih sensitif.



0 komentar

Posting Komentar